RSS

Kreatif Memanfaatkan Ice Breaker

Ketika persiapan telah komplit, guru pun telah mampu menggunakan metode pembelajaran yang tidak monoton, serta telah menggunakan media kontekstual, tetapi siswa belum menunjukkan hasil pembelajaran yang memuaskan, apakah ada yang kurang? bisa jadi faktor siswa penyebabnya, seperti siswa kurang konsentrasi, lelah karena dari pagi sudah mengikuti pembelajaran, capek karena aktivitasnya yang sama, dan lain sebagainnya. Kalau kita cermati pada awalnya grafik tingkat daya serap siswa terhadap apa yang disampaikan guru cukup tinggi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, beberapa menit kemudian terjadilah penurunan memori atau tingkat daya serap siswa terhadap materi pelajaran. Untuk itu, guru kreatif harus mampu mengatasinya.
Ice breaker bisa dimanfaatkan guru untuk memecah kebekuan, memberikan penyegaran dan mengembalikan konsentrasi belajar siswa.
Ice breaker dapat dilakukan dengan berbagai macam cara atau permainan. Ice breaker yang sering kita temukan pada saat pelatihan-pelatihan dapat dimodifikasi secara kreatif sehingga sesuai untuk diterapkan di kelas. Ice breaker dapat dilakukan di awal pembelajaran, agar dapat membangun suasana sehingga lebih fokus pada pembelajaran. Dapat juga diterapkan di tengah-tengah pembelajaran, sebagai pengubah suasana jenuh dan membangkitkan fokus yang mulai luntur, sedangkan jika dilakukan menjelang akhir pembelajaran, bermanfaat untuk menegaskan materi yang baru disampaikan.
Ice breaker ada yang berbentuk joke-joke disampaikan lisan, tayangan-tayangan audio visual berupa klip-klip lucu, atau permainan-permainan yang menyenangkan. Hanya perlu diingat bahwa kegembiraan yang ditimbulakan oleh ice breaker tidak boleh membuat suasana jadi ribut dan hura-hura, kesenangan yang sembrono dan kemeriahan yang dangkal. Kegembiraan dalam pembelajaran di ruang-ruang kelas harus berarti bangkitnya minat, adanya keterlibatan penuh, dan terciptanya makna, pemahaman, nilai yang membahagian pada diri si pembelajar. Maka, sekali lagi guru harus kreatif memodifikasi dan memanfaatkan ice breaker.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar