STRATEGI BELAJAR PQ4R
1.
Ruang Lingkup Strategi Belajar PQ4R
Strategi PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi
elaborasi. Stategi ini digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka
baca, dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan
dengan kegiatan membaca buku. Kegiatan membaca buku bertujuan untuk mempelajari sampai tuntas bab
demi bab suatu buku pelajaran. Oleh karena itu keterampilan pokok pertama yang
harus dikembangkan dan dikuasai oleh para siswa adalah membaca buku pelajaran
dan bacaan tambahan lainnya.
Salah satu strategi yang paling banyak dikenal untuk
membantu siswa memahami dan mengingatkan materi mereka yang mereka baca adalah
strategi PQ4R Thomas dan Robinson (1972) dalam Arends (1997:257). Stategi ini
didasarkan pada strategi PQRST dan strategi SQ3R (Arends, 1997).
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam strategi membaca PQ4R adalah sebagai
berikut:
a. Preview
Langkah pertama ini dimaksudkan agar siswa, membaca
selintas dengan cepat sebelum mulai membaca bahan bacaan siswa yang memuat
tentang materi ekosistem peran dan interaksinya.
b. Question
Langkah kedua adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan
kepada diri sendiri untuk setiap pasal yang ada pada bahan bacaan siswa.
c. Read
Baca karangan itu secara aktif, yakni dengan cara pikiran
siswa harus memberikan reaksi terhadap apa yang dibacanya. Janganlah membuat
catatan-catatan panjang. Cobalah mencari jawaban terhadap semua
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.
d. Reflect
Reflect bukanlah suatu langkah terpisah dengan langkah
ketiga (read), tetapi merupakan suatu komponen esensial dari langkah ketiga
tersebut.
e. Recite
Pada langkah kelima ini, siswa diminta untuk merenungkan
(mengingat) kembali informasi yang telah dipelajari dengan menyatakan
butir-butir penting dengan nyaring dan dengan menyatakan dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan.
f. Review
Pada langkah terakhir ini siswa diminta untuk membaca
catatan singkat (inti sari) yang telah dibuatnya, mengulang kembali seluruh isi
bacaan bila perlu dan sekali lagi jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
2.
Teori yang Mendasari Stategi PQ4R
Menurut Arends (1997:244), strategi-strategi belajar
merujuk kepada perilaku dan proses-proses pikiran yang digunakan siswa yang
memengaruhi apa yang dipelajari, termasuk ingatan dan proses metakognitif. Nama
lain untuk strategi belajar adalah strategi kognitif. Contoh tujuan kognitif
tradisional yang diharapkan dicapai siswa adalah pemahaman suatu wacana dalam
sebuah buku.
Dalam pembelajaran dengan penerapan strategi belajar
metode PQ4R, maka aktivitas yang akan dilakukan oleh guru memnuhi
langkah-langkah seperti berikut:
|
Langka-lagkah
|
Tingkah Laku Guru
|
Aktivitas Siswa
|
|
Langkah 1
Preview
|
a. Memberikan
bahan bacaan kepada siswa untuk dibaca
b. menginformasikan
kepada siswa bagaimana menemukan ide pokok/tujuan pembelajaran yang hendak
dicapai
|
Membaca selintas dengan cepat untuk
menemukan ide pokok/tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
|
|
Langkah 2
Question
|
a. Menginformasikan
kepada siswa agar memerhatikan makna dari bacaan
b. Memberikan tugas
kepada siswa untuk membuat pertanyaan dari ide pokok yang ditemukan dengan
menggunakan kata-kata apa, mengapa, siapa, dan bagaimana.
|
a. Memerhatikan
penjelasan guru
b. Menjawab
pertanyaan yang telah dibuatnya
|
|
Langkah 3
Read
|
Memberikan tugas kepada siswa untuk membaca
dan menanggapi/menjawab pertanyaan yang telah disusun sebelumnya
|
Membaca secara aktif sambil memberikan
tanggapan terhadap apa yang telah dibaca dan menjawab pertanyaan yang
dibuatnya
|
|
Langkah 4
Reflect
|
Mensimulasikan/menginformasikan materi yang
ada pada bahan bacaan.
|
Bukan hanya sekedar menghafal dan mengingat
materi pelajaran tetapi mencoba memecahkan masalah dari informasi yang
diberikan oleh guru dengan pengetahuan yang telah diketahui melalui bacaan
|
|
Langkah 5
Recite
|
Meminta siswa membuat inti sari dari seluruh
pembahasan pelajaran yang dipelajari hari ini.
|
a. Menanyakan
dan menjawab pertanyaa-pertanyaan
b. Melihat
catatan-catatan/inti sari yang telah dibuat sebelumnya
c. Membuat inti
sari dari seluruh pembahasan
|
|
Langkah 6
Review
|
a. Menugaskan
siswa membaca inti sari yang dibuatnya dari rincian ide pokok yang ada dalam
benaknya
b. Meminta siswa
membaca kembali bahan bacaan, jika masih belum yakin dengan jawabannya.
|
a. Membaca inti
sari yang telah dibuat
b. Membaca
kembali bahan bacaan siswa jika masih belum yakin akan jawaban yang telah
dibuatnya
|









1 komentar:
kak mohon bagi referensinya yaa..
Posting Komentar