RSS

Strategi Belajar PQ4R


STRATEGI BELAJAR PQ4R
1.        Ruang Lingkup Strategi Belajar PQ4R
Strategi PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi. Stategi ini digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Kegiatan membaca buku  bertujuan untuk mempelajari sampai tuntas bab demi bab suatu buku pelajaran. Oleh karena itu keterampilan pokok pertama yang harus dikembangkan dan dikuasai oleh para siswa adalah membaca buku pelajaran dan bacaan tambahan lainnya.

Salah satu strategi yang paling banyak dikenal untuk membantu siswa memahami dan mengingatkan materi mereka yang mereka baca adalah strategi PQ4R Thomas dan Robinson (1972) dalam Arends (1997:257). Stategi ini didasarkan pada strategi PQRST dan strategi SQ3R (Arends, 1997). Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam strategi membaca PQ4R adalah sebagai berikut:
a.    Preview
Langkah pertama ini dimaksudkan agar siswa, membaca selintas dengan cepat sebelum mulai membaca bahan bacaan siswa yang memuat tentang materi ekosistem peran dan interaksinya.
b.    Question
Langkah kedua adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri untuk setiap pasal yang ada pada bahan bacaan siswa.
c.    Read
Baca karangan itu secara aktif, yakni dengan cara pikiran siswa harus memberikan reaksi terhadap apa yang dibacanya. Janganlah membuat catatan-catatan panjang. Cobalah mencari jawaban terhadap semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.
d.   Reflect
Reflect bukanlah suatu langkah terpisah dengan langkah ketiga (read), tetapi merupakan suatu komponen esensial dari langkah ketiga tersebut.
e.    Recite
Pada langkah kelima ini, siswa diminta untuk merenungkan (mengingat) kembali informasi yang telah dipelajari dengan menyatakan butir-butir penting dengan nyaring dan dengan menyatakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan.
f.     Review
Pada langkah terakhir ini siswa diminta untuk membaca catatan singkat (inti sari) yang telah dibuatnya, mengulang kembali seluruh isi bacaan bila perlu dan sekali lagi jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
2.        Teori yang Mendasari Stategi PQ4R
Menurut Arends (1997:244), strategi-strategi belajar merujuk kepada perilaku dan proses-proses pikiran yang digunakan siswa yang memengaruhi apa yang dipelajari, termasuk ingatan dan proses metakognitif. Nama lain untuk strategi belajar adalah strategi kognitif. Contoh tujuan kognitif tradisional yang diharapkan dicapai siswa adalah pemahaman suatu wacana dalam sebuah buku.
Dalam pembelajaran dengan penerapan strategi belajar metode PQ4R, maka aktivitas yang akan dilakukan oleh guru memnuhi langkah-langkah seperti berikut:
Langka-lagkah
Tingkah Laku Guru
Aktivitas Siswa
Langkah 1
Preview
a.   Memberikan bahan bacaan kepada siswa untuk dibaca
b.  menginformasikan kepada siswa bagaimana menemukan ide pokok/tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
Membaca selintas dengan cepat untuk menemukan ide pokok/tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
Langkah 2
Question
a.   Menginformasikan kepada siswa agar memerhatikan makna dari bacaan
b.  Memberikan tugas kepada siswa untuk membuat pertanyaan dari ide pokok yang ditemukan dengan menggunakan kata-kata apa, mengapa, siapa, dan bagaimana.
a.   Memerhatikan penjelasan guru
b.  Menjawab pertanyaan yang telah dibuatnya
Langkah 3
Read
Memberikan tugas kepada siswa untuk membaca dan menanggapi/menjawab pertanyaan yang telah disusun sebelumnya
Membaca secara aktif sambil memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dibaca dan menjawab pertanyaan yang dibuatnya
Langkah 4
Reflect
Mensimulasikan/menginformasikan materi yang ada pada bahan bacaan.
Bukan hanya sekedar menghafal dan mengingat materi pelajaran tetapi mencoba memecahkan masalah dari informasi yang diberikan oleh guru dengan pengetahuan yang telah diketahui melalui bacaan
Langkah 5
Recite
Meminta siswa membuat inti sari dari seluruh pembahasan pelajaran yang dipelajari hari ini.
a.    Menanyakan dan menjawab pertanyaa-pertanyaan
b.   Melihat catatan-catatan/inti sari yang telah dibuat sebelumnya
c.    Membuat inti sari dari seluruh pembahasan
Langkah 6
Review
a.    Menugaskan siswa membaca inti sari yang dibuatnya dari rincian ide pokok yang ada dalam benaknya
b.    Meminta siswa membaca kembali bahan bacaan, jika masih belum yakin dengan jawabannya.
a.    Membaca inti sari yang telah dibuat
b.    Membaca kembali bahan bacaan siswa jika masih belum yakin akan jawaban yang telah dibuatnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kak mohon bagi referensinya yaa..

Posting Komentar